Cerpen Ramadhan Cisthouse



Cerpen Ramadhan Cisthouse

Dasar Onyet

Ada anak bertanya pada bapaknya, “Bapak, aq sudah tidak kuat lagiy, perutku terasa sakit sekali, rasanya sudah pengen minum es buah yang ada di kulkas” Bapak tersebut menjawab “Sabar nak, Sabar…begini, bapak Tanya ya, kamu itu niat puasa karena apa?” “Aq berpuasa ya karena bulan ini bulan puasa, betul khan?” “Kamu salah besar, oleh karena itu kamu tidak kuat menjalani puasa. Puasa bukan di jalani karena bulannya, namun puasa itu di jalani karena kita mengharap ridho Allah SWT dan didasarkan dengan kekuatan iman kamu. Jalanilah puasa itu dengan ikhlas, Insya’Allah kamu berhasil nak” ”Tapi pak, kalau sudah lemas begini gimana donk?” ”Coba kamu baca Juz Amma, disitu khan terdapat surat-surat pendek yang indah bila di baca, bacalah dengan ikhlas, tawakkal dan sabar” ”Ok Deh” jawab anak tersebut semangat. Setelah membaca surat Al-Lahab, An-Nas, dan Al-Kafirun...



Bapak bertanya “Bung, Bapak punya cerita menarik untukmu, kamu mau mendengarkan atau ingin meneruskan mengajimu?” “Bunga ingin mendengarkan bapak bercerita saja, lagian bunga juga sudah bete, hehe…” “ Hus, gag boleh gitu, ya sudah sekarang kamu nyante aj. Ehem…Tadi siang bapak khan ke Giant Ahmad Yani” “Kog gag ngajak bunga sih pak?!! Khan bunga pengen jalan-jalan?!!” “Gimana mau ngajak, kamunya saja tertidur pulas khan?” “iiihh, ya di bangunin donk pak!” “Bapak kasian lihat kamu, yah lain hari khan bisa, sekalian ngabuburit bersama, OK? Dilanjutin gag nih ceritanya?” ”Ok deh, dilanjutin donk, khan bunga sudah penasaran, emank ada apaan sih pak?” ”Begini Bung, Pas bapak berada di dalam Giant, ada seseorang menawarkan selembar pamflet berwarna merah, yang bertuliskan –Sale Besar, beli satu dapat dua-, karena bapak penasaran, bapak langsung menuju ke tempat dimana Sale tersebut dilaksanakan. Setelah bapak sampai di tujuan, eehhhh gag taunya hanya Sale Roti dengan merek ternama. Setelah bapak amati, MasyaAllah, ternyata bukan kaum seperti bapak saja yang mengantri dan berjubelan untuk mendapatkan Roti yang sedang di Diskon, namun kaum seperti pejabat pun mau mengantri, yah namanya dunia, apapun bisa terjadi. Tapi yang lebih aneh lagi, ketika seorang wanita cantik ( berparas seperti Britney Spears namun berwajah Jawa dan menguraikan rambutnya) juga berjubelan untuk mendapatkan Roti tersebut.

Bapak hanya bisa menghela nafas sebentar lalu pergi meninggalkan tempat tersebut untuk Sholat Dhuhur. Setelah selesai Sholat, bapak sempat berfikir sejenak, apakah semua umat muslim di dunia juga seperti itu?, ketika Allah membuka pintu taubat sebesar-besarnya, apakah semua umat juga berjubelan dan mengantri seperti para penggila Roti yang sedang di Diskon? Waallahuallam.

Bapak memberi illustrasi di atas supaya kamu tahu, bahwa sekaranglah kamu harus bertaubat Bunga, kamu boleh bermain, bergembira bersama teman-teman kamu, tapi jangan pernah lupakan Allah SWT. Puasa ya puasa, Bermain saat Puasa juga gag papa, tapi ingat jangan sampai bermain kamu itu menghilangkan pahala berpuasa, kamu mau berpuasa hanya mendapatkan Lapar dan Dahaga? Nggak khan? ”ya Nggak lah pak!”

Tiba-tiba dari arah pintu pagar terdengar suara ”Assalamuallikum” Bunga dan Bapaknya menjawab ”Wallaikumsallam”, ”siapa Bung? Kelihatannya teman kamu...” ” Iy, sebentar saya lihat dulu” berjalan menuju pintu ruang tamu. ”Oh ternyata kamu, jadi berangkat sekarang” ”Nggak..!!berangkatnya entar setelah Sholat Maghrib, iihhhh gimana siyh, namanya ngabuburit itu ya sebelum buka Onyeett!!” ”ihh gitu aja ngambek” ”Abisnya kamu aq telpon, Sms gag pernah bales...?” dari belakang pintu ”Siapa nak?” ”Oh anu..mmmMm Aziz pak” ”oh nak Aziz, sini masuk dulu” ”Aduh nggak deh Om, disini aja, cari angin hehe...(sambil nyengir-nyengir gag jelas)” ”Emangnya mau kemana?” ”Mau ngabuburit di Masjid Al-Akbar pak” jawab Bunga ”Ya sudah sekarang kamu mandi, biar wangi, kasian tuh si Aziz nunggu” ”Gag papa om kalau nugguin Bunga sih Its Ok, hehe...(nyengir-nyengir lagi..) ”Tungguin bentar ya Ziz” ”Owkey Deh...”.

Setelah Bunga selesai mandi, mereka pun berangkat menuju Masjid Al-Akbar di Surabaya, karena bertepatan dengan hari minggu dan Bulan Ramadhan, maka suasana di sana sangat ramai.

Cerpen ini murni di buat, berdasarkan renungan cisthouse yang sedang jatuh cinta kepada temannya sendiri saat berada di Masjid sebuah Mall ternama di kota Surabaya.

Semoga dapat mengambil hikmahnya. Amien!!

Baca yang lainnya...



17 komentar:

Frenavit Putra said...

Wakakakakakakakakakakakaka...... Hmmm Bunga???? I no Who Bunga.... Wes bos... Genjot langsung... Gak usah kesuen, selak ono seng ndisek i lho!!!!. Bunga...... Oh Bunga... Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

Frenavit Putra said...

Sabar Boz... Cinta Gak harus memiliki.... Cerpen e mak nyus..... Sip... Apa perlu bantuan ku untuk memetik bunga dan mengusir kumbang dari samping bunga??? Wahahahahahahahahahahahahahaaaaa........

Frenavit Putra said...

Triple Kill Jes... Duduk Spam... Okeh...

Panda said...

ealah... sabar aja broth. tetep semangat, wokey!

Chic said...

hasil renungan? weeew.. sering-sering merenung yah.. hihihihi

Anang said...

mantep cerpennya.... keren bro.. eh pinjem cdnya dong.....

ario saja said...

hegh... sip ceritanya cuma panjangnya 30 KM

LQ said...

lho...lho...lho....lhoooooo.....
cinta mmg bs tumbuh dmn aja..
bunga....????
sopo maneh iki....???
BungA...nang ta BungA....ntok ta BungA...ziz
moro2 bunga (nama samaran)......
wes sikat ae.....
ati2 ambek orang ke-3...
[pokoke lek g tau ketemu aq dijamin aman]
wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk.....

ndop said...

sik, komen disik baru baca:

btw, jiz, nek pingin nulis percakapan, nek bedo subyek, kuwi dienter..

contoh:
"Tulisanmu kok apik, Jiz?" kata ndop.
"Ndi sing apik, Ndop?" jawab Ajis.

nah begitu caranya...
biyar rapi dan sesuwai EYD. hehehe...

Antown said...

sepakat sama ndop. ooo, namamu jiz toh. okeh okeh

gajah_pesing said...

saia mo ambil tu hikmah.. tapi pesennya kemana yack??

aRuL said...

jangan2 ini kisah pribadi :D
hehehe
eh ketemu kopdar kemaren yakz...

cisthouse said...

@ frenavit
iyo ewangono aQ
@ Panda
Ok deh
@Chic
Merenung 2 kali sehari..
@Anang
Hmmm, CD ap?
@ario
hehehe...maklum lagiy nagnggur..
@LQ
Saya juga tak tahu..hehe

cisthouse said...

@Ndop
thanks for the Information...Ur the best Ndop..
@Antown
Lebih tepatnya Aziz
@Gajah Pesing
ambil di Pasar...wkwkwkwk..
@Arul
memang kisah pribadi, namun belum terjadi...iy mas yg ketemu kemaren...

dracpawn said...

ihiey..ihiey..
ntar pas lebaran langsung tancap ae ziz..
silaturahmi sungkem ma ortunya pisan...wkwkwkw

Anonymous said...

wei ada bakat ne jadi penulis,,,,,,


buat novel ziz...........

cisthouse said...

@dracpawn
seep, langsung tak lamar..

Post a Comment

Copyright © 2008 - Aziz Personal Blog - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template - cisthouse Friendster